Minggu, 04 Agustus 2019

BENCANA DALAM RENCANA

  Negeri kita sedang mendapatkan ujian besar, Bencana gempa bumi dan tsunami susul menyusul memporak-porandakan sebagian bumi indonesia. Di Lombok, Selawesi, Probolinggo, Madura, dll wilayah indonesia.saudara-saudara kita melepas nyawa, kehilangan keluarga dan harta benda.Yang harus kita yakini adalah bencana-bencana itu tidak muncul tiba-tiba, Semua ada dalam rencana-Nya. Bila dalam sebuah sabda Rasulullah SAW menyampaikan bahwa takdir ditulis 50.000 tahun sebelum alam semesta ini diciptakan, maka kejadian bencana alam itu, sudah ada dalam catatan takdir tersebut. Siapapun tak bisa menolaknya.

  Rencana Allah SWT pasti terjadi. Rencana Allah SWT pasti baik. Rencana Allah SWT tidak ada yang sia-sia. Pasti ada hikmah di baliknya. Bila kita sebagai hamba tak menemukan hikmahnya, semata-mata karena kebodohan kita. Bila tak menemukannya, barang kali kita udah terlalu lama ikut-ikutan meletakkan standar baik buruk sesuai pandangan kebanyakan manusia.Kita menghela nafas. Bencana Alam yang dasyat dan bertubi-tubi membuat kita semua mengingat dekatnya kematian. Juga mengingat kecil, ringkih dan rapuhnya kita dihadapan
kekuatan alam semesta. Apalagi dihadapan Allah SWT Sang Pencipta.

  Satu sisi gempa bumi membuat kita menepikan hati untuk merenung diri. Namun bukan juga berarti kita yang terhindar darinya akan berdiam diri. Tanggung jawab sesama muslim menuntut kita bergerak menyampaikan uluran tangan. Suara seruan kepedulian tak boleh surut,Saudara kita yang dilombok hingga hari ini masihmembutuhkan kita. Apalagi yang di Sulawesi tengah. Mereka masih hidup di tenda - tenda pengungsian. Hari-hari kedepan, pemberitaan tentang mereka akan semakin sepi. Tapi bukan berarti musibah mereka sudah tertangani. Maka doa dan kepedulian kita jangan sampai cepat berhenti. Ada empat hal yang harus kita lakukan Yaitu : Taubat dan mengingat Allah, membantu saudara yang kesusahan, bersabar atas ujiandan berikhtiar menambah ilmu, sistem dan teknologi untuk antisipasi bencana di masa mendatang Semoga Allah SWT cabut segala marabahaya yang akan menimpa bangsa kita. Wallahu A'lam Bisshowab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar